Selamat datang kembali di blog ini!
Spesial momen kali ini saya akan membagikan rasanya naik LRT di Jakarta. Eits, ini masih ujicoba ya jadi untuk kalangan tertentu dan terbatas. Saya sendiri juga dapat undangan langsung dari kepala stasiun Velodrome yang notabene salah satu anggota Kaori Nusantara loh.
Oh iya, sekilas pandang dulu yuk!
LRT Jakarta ini dibangun oleh PT Jakarta Propertindo yaitu salah satu BUMD milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan akan dioperasikan oleh anak perusahaan dari PT Jakpro yaitu PT LRT Jakarta.
Nah, berlanjut kepada spesifikasi teknis dari LRT buatan Hyundai Rotem Korea Selatan ini. LRT menggunakan listik aliran bawah (LAB) dengan tegangan 750 Volt DC. LRT ini memiliki dimensi yang lebih kecil dari kereta umumnya namun lebar rel yang digunakan menggunakan lebar spur 1435mm. Kapasitas angkut per rangkaian (1 rangkaian terdiri dari 2 kereta/cars) mencapai 270 penumpang dengan headway/rentang waktu antar rangkaian mencapai 10 menit sekali.
Rute LRT pada fase 1 ini membentang dari stasiun Velodrome Rawamangun menuju stasiun Kelapa Gading. Kecepatan maksimum yang ditempuh (pada saat ujicoba) mencapai 45 km/h dengan kecepatan rata-rata mencapai 15-20 km/h.
Sudah bertele-telenya yaa bosen kan? ☺☺
Yuk lihat foto-foto berikut.
Tampak Area Masuk Selatan Stasiun Velodrome |
Isi Registrasi dulu |
Naik Escalator menuju lantai 2 |
Ticket Vending Machine |
Kartu Singe Trip LRT Tampak Depan |
|
Gate Masuk dan Keluar Model Kupu-Kupu |
Bertemu Dengan Rangkaian Lainnya |
Lorong Dekat Persambungan (Bordes) |
Menikung Dulu yaa |
Wesel Stasiun Velodrome Dari Kabin |
S20 Menyala |
S21 Menyala |
CCTV dan AC LRT |
Sinyal Siemens Masih Belum Digunakan (mirip KAI yaa) |
Petunjuk Keadaan Darurat LRT |
Handle Emergency Door |
Dipo LRT Sementara di Stasiun Boulevard Utara, Kelapa Gading |
Keadaan Ruang Penumpang LRT |
Interkom Darurat LRT |
Sambungan Dua Set LRT Menjadi Satu Rangkaian |
Long Shot LRT Menuju Kelapa Gading |
Menuju Kelapa Gading |
"STNK" Tanda Lulus Uji LRT |
Monitor Informasi Diatas Bordes |
Monitor Informasi di Tiap Atas Pintu |
Builder Plate |
Informasi Nomor set, Nomor seri, CCTV, dan Petunjuk Keadaan Darurat |
Tanda Kursi Prioritas |
Passenger / Platform Screen Doors |
Mesin Tap LRT Dengan Layout Mirip KRL KCI |
BONUS: Saya dan Stiker LRT didalam LRT :) |
Eitsss, masih kurang? Nih ada video dari teman-teman saya yang ikut juga. Cekidot guyss
Waahh, sekarang sudah tau dong bagaimana gambaran LRT Jakarta Propertindo ini? Nah, bagi teman-teman yang belum merasakan, mohon bersabar ya karena rencana operasi LRT ini dilaksanakan pada akhir tahun 2018 atau awal tahun 2019.
Sekian dulu momen yang saya bagikan kali ini. Terima kasih atas kesediaan kawan-kawan untuk membaca. Mohon maaf apabila ada kesalahan.
Sampai jumpa di perjalanan berikutnya!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar